Materi Pepatah Jawa

 

1. Pepatah Jawa Paribasan

Paribasan yaiku unen-unen kang ajeg panganggone, mawa teges entar (kiasan) lan ora ngemu surasa pepindhan (terjemahanParibasan (Jawa) yaitu kata-kata (dalam bahasan Jawa) yang tetap dalam penggunaannya, yang memiliki makna (kiasan) dan tidak mengandung makna pengandaian (bermakna konotatif)).

Secara umum paribasan merupakan bentuk gaya bahasa (Jawa) yang berisi kata-kata yang dalam penggunaannya tidak boleh dialih bahasakan. Paribasan menggunakan bahasa jawa secara lugas, jelas dan tidak menggunakan pengandaian, perbandingan, atau perumpamaan. Kata-kata atau gaya bahasan dalam paribasan berisi nasihat, teguran, atau sindiran kepada orang lain.

Contoh Paribasan atau peribahasa Jawa dan artinya;
  1. "Adigang adigung adiguna", tegese ngendel-endelake kekuwatane, kaluhurane, lan kapintarane. (artinya; mengandalkan (menyombongkan) kekuatannya, kekuasaannya, dan kepandaian yang dimilikinya).
  2. "Ana catur mungkur", tegese ora gelam ngrungokake rekasaning liyan kang ora prayoga.(artinya; tidak mau mendengarkan keluh kesah/ gunjingan orang lain yang tidak baik).
  3. "Angon mangsa", tegese golek wektu kang prayoga utawa golek wektu kang becik.(artinya; menunggu waktu yang tepat atau mencari waktu yang baik).
  4. "Anak polah bapa kapradhah", tegese wong tuwa nemu pakewuh amarga saka tumindake anak kang kurang prayoga.(artinya; orang tua juga ikut menanggung akibat dari perbuatan anaknya yang tidak baik).
  5. "Angon ulat ngumbar tangan", tegese ngulat-ulati limpene wong, tujuane arep njupuk barang sing dilimpe mau.(artinya; memperhatikan kelengahan orang, dengan tujuan mengambil/ mencuri barang yang diinginkan).
  6. "Becik ketitik ala ketara", tegese tumindak becik lan tumindak ala bakal ketara tembe mburine utawa dititeni tembe mburine.(artinya; perbuatan baik dan buruk pasti akan terlihat nantinya).

2. Pepatah Jawa Bebasan

Bebasan yaiku unen-unen kang ajeg panganggone mawa teges entar (kiasan) lan ngemu surasa pepindhan. Sing pindhakake iku sipate wonge (terjemahanBebasan (Jawa) yaitu kata-kata (dalam bahasan Jawa) yang tetap dalam penggunaannya, yang memiliki makna kiasan dan mengandung makna pengandaian. Dimana yang diandaikan tersebut yaitu sifat, watak, maupun keadaan seseorang).

Secara umum bebasan merupakan bentuk gaya bahasa (Jawa) yang berisi kata-kata yang dalam penggunaannya tidak boleh dialih bahasakan. Bebasan menggunakan bahasa jawa yang disampaikan menggunakan pengandaian berupa sifat, watak, maupun keadaan seseorang. Kata-kata atau gaya bahasan dalam bebasan berisi nasihat, teguran, atau sindiran kepada orang lain.

Contoh Bebasan Jawa dan artinya;

  1. "Abang-abang lambe", tegese guneme mung kanggo lamis-lamis.(artinya; berbicaranya hanya berbasa-basi).
  2. "Adol lenga keri busike", tegese wong kang andum barang, nanging dheweke malah ora keduman.(artinya; orang yang membagi-bagikan barang tetapi dia sendiri malah tidak kebagian).
  3. "Ana bapang sumimpang", tegese nyingkiri sekabehing bebaya.(artinya; menghindari semua hal yang berbahaya).
  4. "Ana begjane ora ana daulate", tegese arep nemu begjane nanging wurung.(artinya; mau mandapatkan keuntungan tetapi belum atau hampir mendapatkan keuntungan/ hal yang diinginkan).
  5. "Anirna patra", tegese nyingkiri tulisane dhewe sing ora becik.(artinya; menghindari tulisannya sendiri yang tidak baik).
  6. "Angin silem ing warih", tegese tumindak ala kanthi sesindheman.(artinya; bertindak buruk/ berbuat buruk secara diam-diam).
  7. "Aji godhong jati garing", tegese wong kang asor banget, ora ana ajine.(artinya; orang yang rendah/ buruk sekali tidak berhargadiri sama sekali).
  8. "Ancik-ancik pucuking eri", tegese wong kang uripe kang tansah ngandhut kuwatir.(artinya; orang yang hidupnya penuh dengan marabahaya/ kekhawatiran).

3. Pepatah Jawa Saloka

Saloka yaiku unen-unen kang ajeg panganggone lan ngemu surasa pepindhan, dene sing ngemu surasa pepindhan iku wonge, lan iso anggo pepindhan kewan utawa barang. (terjemahanSaloka (Jawa) yaitu kata-kata (dalam bahasan Jawa) yang tetap dalam penggunaannya dan memiliki makna pengandaian, dimana yang diandaikan tersebut adalah orang, dan dapat menggunakan pengandaian binatang maupun barang). Lumrahe tembung kang isi pepindhaning wong mau, dumunung ana ngarep ukara utawa kawiwitane ukara.

Secara umum saloka merupakan bentuk gaya bahasa (Jawa) yang berisi kata-kata yang dalam penggunaannya tidak boleh dialih bahasakan. Saloka menggunakan bahasa jawa yang disampaikan menggunakan pengandaian orang, binatang, maupun barang. Kata-kata atau gaya bahasan dalam saloka juga berisi nasihat, teguran, atau sindiran kepada orang lain.

Contoh Saloka atau Pepatah Jawa dan artinya;

  1. "Asu belang kalung wang", tegese wong ala utawa wong asor nanging sugih.(artinya; orang jelek, rendah, atau jahat tetapi kaya).
  2. "Asu gedhe menang kerahe", tegese wong luwih dhuwur pangkate lan luwih gedhe panguasane biasane menang perkarane.(artinya; orang yang lebih tinggi derajat pangkatnya biasanya menang permasalahannya).
  3. "Ati bengkong oleh oncong", tegese wong kang duwe niat ala, ana sing nyarujuki oleh dalane.(artinya; orang yang punya niat buruk/ jahat ada yang mendukung dan mendapat jalan).
  4. "Baladewa ilang gapite", tegese wong kang ilang kekuwatane.(artinya; orang yang kehilangan kekuatannya).
  5. "Bathok bolu isi madu", tegese wong asor nanging sugih kapinteran.(artinya; orang rendahan tetapi kaya pengetahuan).
  6. "Bebek mungsuh mliwis", tegese wong pinter memungsuhan karo wong pinter, nanging sijine kalah ulet lan trampil.(artinya; orang pandai bermusuhan dengan orang pandai tetapi yang satu kalah tekun dan terampil).
  7. "Belo melu seton", tegese wong kang melu-melu, nanging ora ngerti karepe/tujuwane.(artinya;orang yang ikut-ikutan tetapi tidak tau maksud dan tujuannya).
  8. "Beras wutah arang bali marang takere", tegese barang yen wis rusak angel pulih kaya maune.(artinya; susuatu yang sudah berubah dari asal mulanya mustahil bisa pulih seperti sedia kala).
  9. "Cebol nggayuh lintang", tegese wong cilik kang nduweni gegayuhan kang tangeh lamun kelakon.(artinya; orang miskin yang mempunyai keinginan yang mustahil tercapai).
  10. "Cecak nguntal empya/cagak", tegese gegayuhan kang ora timbang karo kekuwatane.(artinya; keinginan/ cita-cita yang tidak sesuai dengan kemampuannya).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Aksara Swara

Serat Tripama Pupuh Dhandhanggula