KI - KD MAPEL BAHASA JAWA KELAS XII
KI - KD MAPEL BAHASA JAWA KELAS XII
Kelas XII/1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentukteks Serat Wedhatama pupuh Kinanthi.
1.2 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks geguritan.
1.3 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks deskripsi tentang pakaian adat.
1.4 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks eksposisi tentang gamelan.
1.5 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks lima paragraf aksara Jawa.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Wedhatama pupuh Kinanthi .
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks geguritan .
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks wacana nonsastra tentang budaya Jawa.
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks eksposisi tentang gamelan secara.
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks lima paragraf aksara Jawa.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Menelaah
teks Serat Wedhatama pupuh Kinanthi.
3.2 Menelaah
teks geguritan.
3.3 Memahami
isi teks deskriptif tentang pakaian adat Jawa.
3.4 Menelaah
teks eksposisi tentang gamelan.
3.5
Mengidentifikasi kaidah penulisan teks 5 (lima) paragraf berhuruf Jawa menggunakan
aksara swara.
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1 Menanggapi
isi Serat Wedhatama pupuh Kinanthi dan menulis, serta menyajikan syair
tembang Kinanthi dengan bahasa sendiri.
4.2 Menulis
geguritan dan membacanya.
4.3 Menanggapi
isi dan menceritakan kembali teks deskriptif tentang pakaian adat Jawa.
4.4 Menulis
teks eksposisi tentang gamelan.
4.5 Menulis
dan menyajikan teks berhuruf Jawa lima paragraf yang
menggunakan aksara
swara.
|
Kelas XII/2
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks Serat Tripama.
1.2 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks budaya wewaler.
1.3 Menerima,
mensyukuri, menghayati, dan mengamalkan anugerah Tuhan berupa bahasa Jawa
dalam bentuk teks lima paragraf aksara Jawa.
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks Serat Tripama .
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam
menggunakan
bahasa Jawa melalui teks budaya wewaler.
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Jawa melalui teks lima paragraf aksara Jawa.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
33.1 Menelaah
teks serat Tripama pupuh Dhandhanggula.
3.2 Memahami
teks eksposisi tentang budaya wewaler.
3.3
Mengidentifikasi kaidah penulisan teks berhuruf Jawa lima paragraf
yang menggunakan tanda baca (pada).
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
|
4.1 Menanggapi
isi Serat Tripama pupuh dhandhanggula dan menulis, serta menyajikan
syair tembang Dhandhanggula karangan sendiri.
4.2 Menanggapi
isi teks eksposisi tentang budaya wewaler.
4.3 Menulis
lima paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan tanda baca (pada).
|
Komentar
Posting Komentar